Perkenalkan, Dia Si Nuri

Gue punya beberapa peliharaan di rumah. Beberapa jenis burung. Yaitu burung lory atau yang biasa di kenal burung nuri, burung perenjak Jawa atau ciblek, dan dua ekor burung zosteropidae atau yang tenar dengan nama burung kacamata. Mereka itu lah yang sukses bikin rumah gue rame. Gue gak akan bahas semua peliharaan gue. Gue cuma mau cerita tentang si lory atau si nuri.

Beberapa bulan yang lalu, sepupu gue bawa burung jenis nuri. Awalnya gue kaget, karena nuri yang dibawa sama sepupu gue itu beda dari yang lain. Nuri yang biasanya gue lihat berwarna campuran merah, hijau, biru. Sedangkan nuri yang dibawa sama sepupu gue itu warnanya hitam, merah, orange. Ternyata ini adalah jenis burung Dusky Lory. Gue baru tahu setelah searching di mbah google.

The Lory Dusky (Pseudeos fuscata) atau biasa di sebut nuri kelam adalah spesies monotypic burung dalam keluarga Psittaculidae, dan satu-satunya spesies dari genus Pseudeos. Alternatif nama umum adalah Lory Putih-rumped atau Lory Dusky-oranye. Burung ini bisa ditemukan di Indonesia dan Papua Nugini. (Sumber : wikipedia)

Selama dalam asuhan sepupu gue, burung ini kurang dapet perhatian, karena sepupu gue sibuk sama kerjaannya. Gue merasa kasihan. Gue minta ijin buat ngerawat si nuri. Sepupu gue ngijinin. Akhirnya pindah lah si nuri ini ke rumah gue. Semua bajunya di bawa gak ada yang ketinggalan. Sebelum pergi, dia pamitan dulu ke sepupu gue, sekalian bilang terimakasih karena udah mau ngerawat dia.  

Awal-awal dalam asuhan gue, si nuri galak. Setiap kali gue nyoba buat megang dia, tangan gue selalu di gigit. Pernah sekali gue di gigit sampe jari telunjuk gue sobek dan berdarah. Mungkin dia belum kenal sama gue. Tapi gue gak marah. Gue malah kasih perhatian lebih sama dia. Setiap pagi dan sore gue selalu kasih dia susu atau buah. Padahal, gue sendiri jarang banget minum susu. Kalo pengen makan buah, gue harus nunggu buah jatoh dari pohon dulu, itupun harus rebutan sama orang lain. Tapi buat si nuri, gue bela-belain beli. Ini semua demi dia. Setiap hari, dia selalu gue mandiin. Dia gak mau mandi sendiri. Manja banget. Sampe-sampe ibu gue sering bilang “burung aja di mandiin, yang punya gak mandi.” Tuh, kurang baik apa coba gue? Sama burung aja perhatian banget, apalagi sama pacar? Mau jadi pacar gue?

Setelah beberapa lama tinggal sama gue, si nuri mulai jinak. Yang awalnya tangan gue selalu digigit, sekarang udah enggak. Tapi ini cuma berlaku sama tangan gue doang. Tangan orang lain tetep dia gigit. Setiap kali gue menjentikan jari, dia selalu manggut-manggut kayak lagi joget. Kalo gue siulin, dia nyaut dengan teriak “kekekekekek.......keeeekkeeekkk” gitu. Dia selalu jadi alarm tiap pagi. Menjelang subuh, dia selalu teriak-teriak. Kicauannya itu kenceng banget. Sampe kira-kira jarak 100m masih kedenger, karena itu kemampuan khusus dia. Kadang, kalo gue mau mandi dan dia lagi disimpen di kamar mandi, dia selalu teriak sampe kuping gue rasanya pengang banget. Gue juga udah berani ngeluarin dia dari kandang, walaupun masih dalam ruangan tertutup.

Barusan gue iseng mainin si nuri. Gue keluarin dia dari kandangnya. Gue bikin kopi, lalu dia gue bikinin susu. Kami minum bareng. Keren gak? 





Terus gue iseng ajakin dia selfie.

“Nuy, selie yuk”

“Kekekek....keeeeeeeeekkk”

“Ayolah, gak usah malu. Sekali aja”

“Kekekekekek.....”

Awalnya dia gak mau, katanya malu. Kemudian gue elus-elus kepalanya dan akhirnya dia mau. Kami foto bersama.





Gimana? Ganteng kan gue?

Tadinya gue mau jual si nuri. Tapi setelah dipikir-pikir sayang juga. Lagian gak ada yang mau beli. Jadi, sampai saat ini dia masih sama gue. Setia banget gak sih? Nah, sekarang udah mau jadi pacar gue?

Oke, berhubung gak ada yang mau jadi pacar gue, jadi gue udahin aja tulisan kali ini. Buat kalian, terimakasih sudah mau merelakan waktu berharganya untuk membaca tulisan gue yang acak-acakan ini. Maklumin aja ya, gue lagi belajar nulis ehehehehe. Oh iya, kalo ada yang mau jadi pacar gue, komen aja yah. *eeehhh


Best Regards,
  


Agung Adiwangsa.

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

13 comments:

  1. Ngakak itu selfie-nya ucet hahahahahahahahahaha
    Tjieee kaos dari kantor yang di Depok~~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. sialan -_-
      puas puasin liat deh, gue mau hapus aja :3

      Delete
  2. "Oh iya, kalo ada yang mau jadi pacar gue, komen aja yah. *eeehhh"



    gue komen deh~~~

    ReplyDelete
  3. Wah sadis juga ya kalo kena gigit bisa sampe sobek. Btw, lo jago ngelus juga gung bisa sampe jinak gitu. \:p/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, paruhnya tajam sekali -_-

      Iya, cewek aja gue elus-elus langsung jinak. :3

      Delete
  4. wkwkwkwkkw master of ngelus burunggg! ahaha minumnya keren

    aku nominasiin kamu di liebster award blog ku lho
    jika berkenan bisa di cek dan kalau bisa di jawab ya > katanyaaja.blogspot < postingan terbaru

    ReplyDelete
  5. Kok gantengan Nurinya :3

    Ih canggih loh bisa jinak gitu nurinya, berapa lama ngejinakin?

    ReplyDelete
  6. Ciee yang setia banget sampe bela-belain pake baju warna couple sama si nuy ciee. :3

    ReplyDelete
  7. Jinaknya kira kira brapa lama tuh?

    ReplyDelete