Tentang Fotografi Lagi~

Udah lama rasanya gue gak pegang kamera. Ya, terakhir itu tahun lalu tanggal 30 Oktober. Waktu gue main ke kota Tua. Kangen juga. Yah, ginilah kalo jadi tukang foto abal-abal. Bisa hunting cuma kalo ada kamera. Itu pun bukan kamera sendiri. Pengen sih beli sendiri. Tapi, ngeliat daftar harganya aja udah bikin mual.

Fotografi memang bisa dibilang hobi yang mahal. Buat beli kameranya aja harus merogoh kantong dalam-dalam. Jangankan kameranya, aksesorisnya pun gak bisa dibilang murah. Gue pernah kehilangan tutup lensa. Gue pikir, cuma tutup lensa doang paling gak akan lebih dari lima puluh ribu. Tapi ternyata, pas gue beli di toko kamera yang ada di ITC Depok, gue harus ngerelain uang seratus lima puluh ribu buat tutup lensa itu. Anjrit ternyata mahal -_-

Tapi, gue ngerasa beruntung. Walaupun gue gak punya kamera sendiri, gue pernah ngerasain motret pake kamera untuk kelas newbie sampe kelas professional. Gue juga ngerasa beruntung karena temen-temen pada baik sama gue. Pernah waktu itu gue diajak hunting bareng sama mereka. Gue jujur aja bilang gak punya kamera. Tapi, mereka tetep maksa, bahkan mereka mau minjemin gue kamera.  

Barusan gue online. Iseng gue buka facebook. Ada notif dari Smancigo Photography Club. Grup fotografi dari sekolah gue dulu. Kebetulan gue juga yang bikin. Awalnya gue lagi ngobrol sama temen yang suka fotografi. Tiba-tiba gue punya ide buat bikin sebuah grup fotografi. Maka terbentuklah Smancigo Photography Club. Smancigo itu julukan buat SMA gue dulu. SMAN 1 Cigombong. Niat gue bikin grup itu bukan mau sok jago, tapi gue cuma pengen bikin satu forum buat diskusi tentang fotografi. Ya, intinya buat belajar. Awal-awal dibentuk, gue pesimis bakal banyak yang mau ikutan. Karena setiap orang yang gue coba ajak selalu bilang “Gue pengen ikutan, tapi gue gak punya kamera.” Jawaban yang bikin kesel juga. Belajar ya belajar aja, gak harus punya kamera. Yang belajar astronomi aja bukan berarti udah keluar angkasa, kan? Ya, pokoknya begitulah.

Gue juga bingung. Kenapa fotografi harus selalu identik dengan kamera DSLR, sih? Ya, mungkin gak semua orang nganggap gitu. Tapi, rata-rata orang yang gue ajak selalu bilang “Gue gak punya kamera.” Lalu, kamera di handphone itu apa? Gue pribadi nganggap fotografi itu gak harus selalu pake DSLR. Buat gue, fotografer itu bukan berarti orang yang jago menggunakan kamera terbaik, tapi orang yang bisa menghasilkan karya terbaik dengan kamera apapun. Malah, sekarang kamera handphone yang kualitasnya bagus juga udah banyak.

Ada lagi. Fotografi itu berarti kita memotret objek. Mau itu manusia, binatang, tumbuhan, atau apapun. Gue lebih suka motret landscape. Kenapa gue pilih landscape? Karena gue gak pernah berhenti mengagumi ciptaan Allah yang maha indah ini. Lalu masalahnya apa? Orang mungkin menganggap kalo hunting itu harus ke tempat yang indah. Kayak pantai, gunung, atau tempat-tempat wisata lainnya. Dan itu jelas perlu biaya buat ke sana. Kecuali kalo tempat tinggal lo deket sama tempat wisata. Tapi, kalo hunting di tempat yang itu-itu terus, lama-lama bosen. Kalo gue mikirnya, gak harus ke tempat yang bagus. Tapi, coba potret objek biasa, dengan cara yang gak biasa. Ya, buat gue fotografi itu yang penting gimana imajinasi lo bermain. Misal, kita ngeliat sebuah objek, anggaplah lilin. Nah, gimana caranya supaya lilin yang biasa itu bisa jadi foto yang bagus. Gitu.

Sebenernya ini cuma rumah biasa. Malah aslinya kayak gak ke urus.


Ah, gue kangen motret lagi. Apalagi foto-foto hasil gue entah pada kemana. Ini pelajaran buat para fotografer. Simpen hasil foto kalian di dalam sebuah bank foto. Jadi, kalo mau cari foto, gak perlu bingung nyari kemana. Kalo enggak, nanti jadinya kayak gue ini. Fotonya pada ilang. Cuma sedikit yang selamat.

Mumpung lagi ngomongin fotografi, mau kasih liat foto-fotonya, ah. Ini beberapa foto yang menurut gue bagus. Penilaian orang beda-beda, sih. Jadi, nilai sesuka kalian.















Jamban BloggerSkyLittle Dancer



RedheadLove BookShadow






Nah, segitu aja deh. Kebanyakan. Kalo mau liat lebih, ada di SINI atau di beberapa sosial media gue.



Best Regards


Agung Adiwangsa
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

5 comments:

  1. Itu pas kopdar JB ya? Haha.
    Njir namanya ternyata singkatan sekolahan. Kirain apa. Bagus, Gung. Lanjutkan berkarya!
    Gue mau nanya. Kalo soal kamera hape. Itu buat blur harus edit dulu kan? :/
    Gue juga suka hunting. Tapi nggak jago-jago. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, itu kopdar di Kotu :D

      Kalo gak salah, kamera hape sekarang udah ada autofocusnya.
      Sama kayak menulis, Yog. Kalo mau belajar fotografi, ya foto aja :)

      Delete
  2. keren banget foto nya, perpaduan angel dan warna nya ciamikkkk

    ReplyDelete
  3. Kereeeeen.. Aku jugak pengen ikutan klub fotografi. :D

    ReplyDelete
  4. Info yang sangat bermanfaat. Buat yang hobi Fotografi dan ingin menambah wawasan lebih mengenai fotografi, bisa buka link berikut :

    http://fotografi.blog.gunadarma.ac.id/

    ReplyDelete