Menulis (dan) Blog

Menjadi seorang penulis itu bukan cita-cita gue. Bahkan, menulis pun sebenarnya bukan hobi utama gue. Dulu, gue memang sempet, sih, kepikiran untuk jadi penulis. Tapi, itu Cuma pikiran selewat aja. Karena gue gak tau apa-apa perihal menulis. Cara penulisan yang baik aja gue gak tau. Tulisan pun kayak ceker ayam yang udah jadi sop. Jadi, maklumin, ya, kalo posting-an gue yang dulu-dulu pada hancur.

Gue berkecimpung di dunia tulis-menulis, itu karena temen gue. Dieqy. Dia ngenalin gue sama yang namanya blog. Gue sendiri waktu itu gak tau, apa itu blog. Setelah gue dapet penjelasan dari dia, gue putuskan untuk bikin. Sejak saat itulah gue mulai nulis.

Gue belajar cara nulis yang baik itu baru banget. Awal Januari 2015 kalo gak salah. Malem-malem gue curhat sama Tiwi. Biasa, curhatan anak muda. Gue sering minta kritik buat tulisan-tulisan gue. Tapi, gue minta dia kasih kritik sepedas mungkin. Ya, buat memacu adrenalin aja. *apaan sih?!

Dari sering dikritik itulah, gue jadi minta ajarin ke dia cara menulis yang bener. Untung dia baik (Gue muji, nih, Tiw!) mau ngajarin. Gue disuruh kirim tulisan ke dia sebelum posting, buat dikoreksi. Setelah kembali, gue kaget. Banyak tanda merah, itu berarti cara menulisnya salah.

Selain membuat tulisan, sebagai seorang blogger gue pasti sering blogwalking. Silaturahmi antar blogger. Gue sering main-main ke blog orang, walaupun lebih sering jadi silent reader. Buat baca tulisannya, sekaligus nambah ilmu dari tulisan yang mereka bikin. Sialnya, gue adalah blogger yang hidupnya tergantung kuota. Jadi, kalo kuoata mumpuni, gue baru bisa main. Ada beberapa blog yang pasti gue datengin atau gue tunggu tulisannya. Bukan karena mengidolakan. Tapi, karena menurut gue tulisan mereka itu menarik.


Uni Dzalika (Unidzalika.com)
Gue suka mampir ke blognya Uni buat baca cerpen bikinannya. Buat gue, yang bisa dibilang awam, cerpen dia itu keren. Gue suka jadiin cerpen dia buat bahan referensi. Ya, gue lagi suka bikin-bikin cerpen gitu. Ada beberapa di #ceritasiagung yang udah gue post. Sisanya, masih di draft. Jangan dibandingin. Udah pasti gue kalah telak.

Pertiwi Yuliana (pertiwiyuliana.blogspot.com)
Kalian pasti tau siapa dia. Dia editor pribadi gue yang kejam. Kok kejam? Ya, cara kritik dia yang cukup pedas itulah yang bikin dia keliatan kejam. Padahal, aslinya kagak. Serius. Gue suka mampir ke blog dia, karena tulisannya itu, lho, keren. Dia itu kaya akan diksi. Sampe-sampe, gue harus baca berulang-ulang buat paham maksud tulisannya. Walaupun kadang masih gak paham juga. Tapi, serius, gue suka sama tulisan-tulisannya yang gak gampang dipahami itu. Sekejam apapun dia, sejutek apapun komentarnya, dialah yang berperan penting buat cara menulis gue. *sungkem sama Tiwi.

Rizki Eka Mardiansyah (Shamposachet.com)
Gue biasa panggil dia Bang Kay (jangan digabung!). Blog yang satu ini gak pernah absen gue datengin. Bahkan, gue tunggu tulisannya. Cara menulis dia yang suka dibumbui dengan komedi sederhana itulah penyebabnya. Sederhana, tapi asik. Ah, bingung gue jelasinnya. Kalo mau tau, liat sendiri aja deh. Selain itu, doi juga suka nyelipin pelajaran dalam tulisannya. Gak ada pelajaran yang gak bermanfaat, betul?

Gue bingung. Waktu ketemu dia pas kopdar di Kota Tua, dia itu gak keribo. Tapi, kenapa disebut keribo? Hmm... okelah biarin dia dengan ke-keribo-annya. Yang penting tulisannya. Sama kayak Bang Kay, gue suka juga sama cara dia nulis. Entah dapet ilham darimana dia bisa nulis kayak begitu. Sederhana, tapi gak ngebosenin.

Hawadis (Howhaw.com)
Gue suka sama cara berpikirnya. Bisa membuat hal sepele –yang mungkin gak kepikiran sama orang- jadi satu bahasan yang sangat menarik. V-sika nya itu yang bikin gue suka. Bisa menghubungkan dua hal yang kayaknya gak ada hubungannya sama sekali. Kayak kemarin, entah ide darimana, dia menghubungkan kipas angin sama move on. Haw, gue suka sama lo. Sorry, maksudnya tulisan lo.

Sebenernya, ada banyak blog yang suka gue datengin. Tapi, di antara yang banyak itu, mereka yang (paling) sering gue buka. Selalu ada ilmu yang gue dapet dari bermain ke blog orang. Maka dari itu, betapa pentingnya blogwalking.

Saat ini, gue lagi seneng bikin cerpen. Gue juga suka ikutan #memfiksikan setiap hari Jumat. Kegiatan baru, sih. Membuat sebuah karya fiksi dengan tema yang ditentukan setiap minggunya. Kalo penasaran dan mau ikutan, sok, follow aja @memfiksikan atau di twitter gue @EPGadiwangsa juga boleh. #memfiksikan itu gak harus cerpen. Bebas. Gue bikin cerpen karena cuma bisa itu doang.

Selain itu, gue punya rencana buat bikin satu cerita, yang mudah-mudahan jadi naskah novel. Udah mulai, sih, dikit-dikit. Gue juga pengen bikin satu cerita fantasy. Ide ini datang karena gue suka main playstation. Gue pengen bikin cerita semacam Final Fantasy gitu. Tapi, ini semua baru rencana. Semoga terwujud dan idenya ngalir terus. Amin.




Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

8 comments:

  1. semoga sukses mas. melihat semangat mas kayaknya bakal terwujud harapannya :)

    ReplyDelete
  2. Iya, mereka juga favorit gue. Uni sama Tiwi satu genre. Diksinya mantep. Bang Kay, dan Adi juga. Tulisannya ringan dan asik dibaca. Gue juga lagi belajar-belajar menulis ini. :)

    ReplyDelete
  3. Duh, kirain itu beneran pernyataan perasaan suka ke kak Haw *salah fokus*
    Semoga semua rencananya terealisasikan, cerita tentang final fantasy cepet kelar, penasaran.... mau baca ><

    ReplyDelete
  4. Blog-blog mereka memang keren, Kak. Seiring berjalannya waktu, blog Kak Agung juga makin bagus tulisannya. :)
    Semoga naskah novelnya cepat jadi, ya. Aamiin. :D

    ReplyDelete
  5. Aku belom kenalan sama Uni Dzalika. Tapi yang laen sih uda temenan. :D

    ReplyDelete
  6. KENAPA NULIS NAMA ASLI GUEEE? GANTI :'(

    ReplyDelete
  7. Artikel yang menarik, kunjungi balik blog kami ya :)

    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ |
    http://informasiberitatop.blogspot.com | http://www.layardewasa.top | http://pkcinema.com | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1sUU8dl | http://bit.ly/1ZIdBJv | http://bit.ly/1YjeNnK | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1UobCKp | http://bit.ly/1S0ZSYr | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1UL7Ia5 | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1YjeNnK |

    ReplyDelete